Rabu, 02 Maret 2011

SEO

Rabu, 02 Maret 2011
Tulisan ini lahir bukan karena saya hebat di SEO. Tapi karena memenuhi permintaan teman yang bertanya akan apa itu SEO.

Sederhananya, SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah metode yang digandrungi oleh para pengguna internet yang bertujuan untuk menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas di mesin pencari.

Dengan bahasa yang lebih sederhana lagi, SEO adalah cara pengoptimalan sebuah web atau blog di mata mesin pencari. Masih bingung?

Hmm, begini. Misalkan saya mempunyai blog bernama acacicu dotkom. Dan saya ingin nama blog itu akrab di mesin pencari seperti google, yahoo dan lainnya. Apa yang harus saya lakukan? Nah upaya upaya inilah yang dimaksud dengan SEO.

Misalnya, blogwalking. Ini adalah tehnik seo yang paling mudah. Seringkali kita tidak sadar bahwa membubuhkan komentar di blog tetangga adalah juga termasuk tehnik seo.

Ada lagi yang mengotak atik bahasa HTML biar lebih akrab dengan mesin pencari. Para master biasa menyebutnya dengan SEO friendly.

Kenapa banyak orang yang berminat terhadap SEO? Yang saya tahu adalah, karena berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.

Itu adalah pengertian sederhana tentang Search Engine Optimization alias SEO.

2 komentar:

acca © 2014